Sunday, June 7, 2009

FINANCIAL ROENTGEN (LAPORAN PEMBUKUAN) MENUJU FINANCIAL FREEDOM

Laporan pembukuan (financial roentgen) disini saya maksudkan adalah laporan keuangan dalam realita keuangan di dalam rumah tangga masing-masing. Contoh dalam hal ini adalah keluarga saya sendiri.

Mengapa saya menuliskan permasalahan ini, karena menurut hemat saya, hal ini sangat penting sebagai dasar untuk membuat blue print menuju Financial Freedom (FF). Kenapa Financial Freedom, karena dengan kondisi tersebut adalah kondisi dimana seseorang dalam keadaan mencapai kebebasan dalam permasalahan keuangan dan dirinya bebas untuk menentukan gaya hidupnya tanpa harus mempunyai kewajiban untuk bekerja dalam jangka waktu yang dia kehendaki. Jadi bekerja adalah sebuah pilihan bukan lagi sebuah kewajiban dan keharusan. Bekerja disini saya maksudkan adalah bekerja sebagai karyawan dan ikut seseorang atau perusahaan, dan dalam kondisi ideal tadi kita masih bisa bekerja untuk mengerjakan sesuatu dan fokus dalam sesuatu itu yang benar-benar kita inginkan dan tanpa keterpaksaan dari pihak luar sama sekali.

Siapa saja pasti menginginkan kondisi itu. Semua orang bekerja untuk mencari uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dan kalau ada sisa lebih untuk mempertahankan gaya hidupnya. Hal itu adalah sebuah kodrat, jadi semua akan menjalani hal tersebut tanpa kecuali.

Tetapi ada suatu jalan, dimana kalau kondisi umumnya bagi seseorang berlaku bahwa dia bekerja untuk mengejar (mencari-red) uang, tetapi bisa dibalik bahwa dia tanpa bekerja, atau bekerja sedikit, tetapi uang yg bekerja untuk dirinya. Dan ini bisa terjadi dengan sedikit merubah mindset diri kita. Ini bukan membicarkan MLM atau sejenisnya, tetapi saya sedang membicarkan konsep bagaimana menggunakan logika dan memberdayakan segala sesuatu yang kita punyai. Dan ini juga yang saya alami selama setahun belakangan ini serta menjadi fokus dan konsentrasi road map saya bersama istri tercinta.

Langkah pertama yang saya jalani adalah membuat Laporan Keuangan dalam rumah tangga saya. Kami (saya & istri) secara terbuka dan jujur membicarakan detail pengeluaran dari semua kebutuhan kami. Kami tuliskan detail satu persatu pengeluaran kami. Dan betapa terperanjatnya kami mengetahui total pengeluaran tiap bulannya. Sungguh sangat tidak masuk akal, ketika kami menemukan bahwa pengeluaran kami lebih besar dari pemasukan (gaji saya karena saya sbg karyawan) selama ini. Dari kondisi itu, saya mengajukan penawaran dan solusi ke istri untuk membuat bagaimana caranya agar pengeluaran bisa ditekan dan memcapai finish kalkulasi yang positif.

Bermula dari sanalah, sebuah tujuan ditentukan, sebuah strategi di rencanakan dan sebuah action kami mulai. Dengan mengkombinasikan pemberdayaan aset yg kami punya, akhirnya diluar hasil usaha-usaha kecil kami, dalam waktu tidak sampai satu tahun income kami meningkat tajam. Setiap bulan kami bisa menyisihkan uang untuk mengejar tujuan dan fokus selanjutnya. Kami bisa membeli sebuah usaha minimarket yang sangat profesional pengelolaannya. Semua dioperasikan oleh master franchisenya, dan kami hanya menunggu hasil tiap bulannya lengkap dengan laporan hasil penjualan dan profitnya tanpa harus pusing mengelolanya. Hal ini memang saya pilih karena yang saya kejar adalah passive income.

Siapa sangka bahwa saya bisa memiliki sebuah minimarket dg harga hampir setengah milyard. Itu semua adalah hanya sebuah kemurahan dari Alloh SWT dan LOA (law of attractor) serta fokus kami sekeluarga. Pembuatan laporan keuangan, pemberdayaaan aset dan fokus dalam melakukan strategi yg disepakati adalah sebuah usaha yg membawa kami menuju arah yg semakin dekat dari yg kami rencakan dan kami impikan. Dan semua orang pasti bisa. karena saya saja bisa. Kalau kita berpikir tidak bisa, maka kenyataannya tidak bisa. Maka berpikirlah bisa, biar kenyataan yg datang adalah bisa.

What's next?
Selanjutnya adalah bagaimana menduplikasi usaha tersebut, bagaimana caranya agar saya bisa memiliki minimarket itu minimal 3 buah dalam tahun ini? InsyaAlloh dalam waktu dekat saya akan mengambil satu lagi, dan tinggal mencari cara memenuhi target pertama untuk memiliki satu lagi biar menjadi 3 buah outlet dalam tahun ini. Setiap usaha pasti ada jalan, dan saya sangat mempercayai itu. Apabila saya memiliki satu lagi, maka income saya sudah semakin mencapai financial freedom yg saya kejar, karena total passive income saya semakin mendekati 3X dari ekspenses saya. InsyaAlloh.....semoga Alloh memberkahi dan memberikan kemudahan dan kemurahanNya dalam usaha saya ini.

Jadi kondisi sekarang, income saya mengalami kenaikan hampir 100% dari sebelumnya. Dan ini adalah passive income. Apa strategi selanjutnya? Tunggu tulisan saya selanjutnya bagaimana agar usaha kita mengalami leverage (daya ungkit) dalam hal percepatan waktu dan percepatan income menuju Financial Freedom. Bagaimana caranya memiliki usaha dg omset milyaran setahun tanpa kita harus pusing ikut bekerja? Dan bagaimana caranya agar usaha kita semakin banyak duplikasinya tanpa harus mengeluarkan uang dari kantong kita? Simak terus tulisan saya hanya di blog ini.
Terima kasih.

Ariev Soelistiyono
CV. GEMILANG SUKSES EJAHTERA
CV. GEMILANG RIZKI BAROKAH

3 comments:

Anonymous said...

Suatu usaha dan cara yang bagus. Semoga Financial Freedom yg diharapkan segera terwujud.

Salam Sukses Selalu dan Salam Kenal.
Nur Setiawan

Nina Agustina said...

Assalamualaikum..Salam kenal Pak..

Salam Sukses..^_^

LOA (low of Attraction)

Supaya lebih berkah..jangan lupa sisihkan 2,5% untuk yang berhak..^_^

www.rumahzakat.org
sriagustina_rzi
^_^

Anonymous said...

facebook likes
1000 facebook likes

http://www.cdapress.com/news/business/article_980d4e52-05d9-5306-8166-02a2f912df2a.html http://phasmid-study-group.org/content/Phasmid-Studies
buy facebook likes buy facebook likes facebook likes
I got a virus in my computer, the virus randomly poops up websties when im online, or when i click on a link fro example a link from somthing i googled it send me to this ramdom pages. My internet explorer also keeps on saying that there was an error so it keeps shutting down. I already scaned my compuer several times and all it catches is a tracking cookie, It never picks up any virus. Also one of the sities that popped up was about norton popping up sites and had people's comments of how annoying that was. It was a Norton site(wich pooped up too) I dont know if that is even relevant to this. Does anyone know what i can do about this, or how i could take the virus off? i dont wanna have to buy another antivirus? Please Help, my computer is even slower now and the sites are super annoying i cant even search anything either. Thanks guys I appreciate it

buy facebook likes buy facebook likes [url=http://1000fbfans.info]buy facebook likes [/url] get facebook likes