Wednesday, August 8, 2007

MIE YAMIEN, MIE AYAM & BAKSO " GEMILANG " ( KILAS BALIK)

Ketika teman lamaku datang ke rumah, aku seperti merasakan surprise sekali. Maklum dia ini temanku dulu satu kelas di SD yg sama dan rumahnya bersebelahan dengan rumah orang tuaku di kampung asli ortuku yaitu Magelang. Setelah lulus, aku hijrah berkeliling keluar dari kampungku dan menetap di tempat nenekku untuk meneruskan sekolah. Dari sejak masuk SMP sampai tamat kuliah, aku sudah pisah dg orang tua karena ortuku selalu menyerahkan pilihan dimana aku mau sekolah kepadaku. Maka dari setamat SD aku pisah dg teman-teman sepermainanku. Sekali-kali saja kalau aku pulang ke kampung ortuku, aku bertemu dg teman-teman SD ku dulu.

Preview

( kios Mie " GEMILANG " pertama di Rorotan Jak-Tim )

Nah, sore itu temanku Yanto datang ke rumah. Dari sore hingga malam, kami ngobrol kesana- kesini mengulang dan mengingat temen-teman yg lain sambil bernostalgia. Sampai pada saatnya aku tahu bahwa Yanto ini dari lulus SMA sudah merantau ke Jakarta dan mulai belajar dagang. Kalau teman-teman lainnya setelah lulus SMA atau STM langsung mencari kerja di pabrik atau perusahaan baik di Jakarta, Tangerang atau Bekasi karena tdk ada biaya untuk meneruskan kuliah, tetapi lain dengan temanku satu ini. Dia sangat tidak mau kerja ikut orang dlm arti di perusahaan atau di kantoran. Katanya lebih enak jualan, karena bisa bebas walau hasil tidak tentu. Tetapi hal itulah tantangannya, katanya.

Preview

Aku dan Yanto
Dari jualan sumbu kompor di pinggir jalan, jualan celana panjang, gethuk, salak pondoh, sampai terakhir ini jualan mie yamien dan mie ayam. Nah, dari sinilah dia menawarkan kerja sama denagnku untuk jualan mie yamien dan mie ayam. Pertamanya aku tidak percaya bahwa dia itu bisa bikin mie enak, apalagi mie yamien dan ayam. Tetapi dia meyakinkan aku bahwa dia sudah 2 tahun lebih jualan mie ayam ini dan hasilnya bagus sekali dikarenakan banyak langganan dan rata-rata mereka bilang mienya enak.

Memang sekarang aku akui bahwa ternyata temanku ini jago sekali masak. Dulu dia diajari bikin mie ayam biasa, tetapi setelah bisa, mie ini dia modifikasi sendiri sampai akhirnya mendapatkan rasa yang enak sekali. Memang lain rasanya dibanding mie yamien dan mie ayam lainnya. Lebih gurih, enak dan kalau pedas, wahhh...mak nyuss banget.

Preview

Hmmmm.....jadi laper nih. Pedesss...uenakkk dan mak nyuusss...
Akhirnya aku bilang ke dia bahwa aku mau kerja sama, dimana aku modalnya tetapi ada syarat, yaitu setelah buka dan laris, maka harus buka cabang dan buka cabang lagi sampai cabang kita banyak. Yanto hanya diam dan tidak percaya sambil berkata, " tanganku dan kakiku ini cuma dua, bagaimana mau buka cabang lebih dari dua atau tiga bahkan banyak ? ". He..he...akhirnya aku menjelaskan bagaimana konsep pemasaran melebar, bagaimana kita harus membangun sistem, dan bagaimana kita harus belajar mendelegasikan kepada orang lain dan tidak perlu semua kita yang menangani, dan yang penting bumbu tetap menjadi pegangan dia. Aku beri gambaran juga bagaimana kita nanti melaksanakan pendistribusian bumbu dan lainnya apabila kita punya cabang banyak. Dan akhirnya aku lihat dia berbinar-binar tandanya setuju. Bagus itu Riev, aku setuju sekali kalau seperti itu.

Nah mulai saat itu, kami berdua selepas dia jualan, kalau ada waktu kami muter-muter cari tempat yg sesuai. Akhirnya setelah mengalami kegagalan pertama cabang kami di perumahanku, kami membuka cabang kami di daerah Rorotan Jakarta Timur. Dengan uang sewa sekitar 6 jutaan setahun dan kontrak rumah petak satu, kami mengais rejeki kios mie kami yg pertama, dan alhamdulillah sekarang telah jalan hampir satu setengah tahun dengan hasil yang lumayan. Jalan yang tidak mulus telah kami lalui dalam berjualan ini, tetapi sekali lagi alhamdulillah kami sekarang sudah merasakan hasil yang lumayan. Sering aku berpikir, apabila punya 10 kios dengan hasil penjualan seperti ini saja, mungkin aku berani keluar kerja dan tinggal ngurusin mie dan memikirkan pengembangannya. Tapi aku sekarang yakin, bahwa suatu saat pasti kami akan mempunyai bahkan lebih dari sepuluh, bahkan rencananya kami akan membuka di luar Jakarta bahkan di Magelang juga akan kami buka.

Preview

Mie Yamien , Mie Ayam & Bakso " GEMILANG "

Preview

Sedang melayani pembeli setia," Mas bungkusin 4 ya ? ".

Mie kami ini kami beri nama Mie Yamien, Mie Ayam & Bakso " GEMILANG ", dan semua usaha makanan kami yang lain ( lihat postingan sebelumnya dan setelah ini ) kami beri nama brand " GEMILANG ". Kami yakin bahwa suatu saat semua usaha makanan kami akan maju dan memberikan manfaat bagi kami dan semua karyawan kami. Semua ini aku kelola dengan mengedepankan kekeluargaan dan manfaat bagi kami semua.

Sampai saat ini, anakku Shafira dan istriku sangat doyan banget mie ini. Sampai sekarang Kami pernah mengalami juga kegagalan membuka cabang ke - 2 dan ke - 3 Kami. Tetapi aku tidak akan surut semangat, karena memang dengan kegagalan ini aku semakin tahu dan semakin punya pengalaman dalam menjalankan usaha ini. Kini aku akan semakin serius dalam mengelola semua usaha makananku ini. Dan pengembangan adalah tujuan selanjutnya untuk menaikkan omset dan profit kami. Dalam waktu dekat ini, alhamdulillah kemarin ada tawaran mengisi makanan di Tip Top Pondok Gede, dan Kami sedang mempersiapkan semua. Semoga cabang Kami kali ini akan memberikan berkah yang baik bagi Kami semua. Amin.

Preview

Shafira sedang makan mie, " uueeenakk teenann...", katanya.

Selama satu setengah tahun ini, cabang Kami di Rorotan telah jatuh bangun dalam mempertahankan penjualannya. Dan selama satu setengah tahun pula di sana Kami mengumpulkan semangat untuk semakin maju. Tiap hari rata-rata tidak kurang dari 70 porsi telah habis. Dan dengan daya upaya dan doa Kami, semoga di kemudian hari Kami dapat mengembangkan usaha ini dan usaha-usaha yang lainnya. Amin.

Selamat mencoba Mie Yamien, Mie Ayam & Bakso " GEMILANG ".

Ariev <==> Owner " GEMILANG " Foods Group.

2 comments:

Anonymous said...

Mas, kalo kerjasama bisa tidak ? saya pengen buka mie ayam juga.

Speak Loud To The World said...

saya ada serius dagang mie ayam untuk bulan feb atau maret, dan lokasi sdh pasti didapatkan, jika memang enak, saya bisa kerja samanya?..tks

krm email ke rossidannysakti@yahoo.com, ditunggu.
tks

rossi