Thursday, April 26, 2007

HARI PERTAMA JUALAN GETHUK " AYU " MAGELANG

Pagi tadi saya memang punya niat dari semalam untuk berangkat kerja agak siang. Bukan masalah malas atau ogah-ogahan, tetapi pagi ini, 27 April 2007 saya bersama istri dan temanku dari semalaman sibuk mempersiapkan paginya untuk launching berjualan gethuk " AYU " Magelang di pasar Family Mart Harapan Indah. Tadi malam kita semua lembur utk beli ini itu yang kurang sebagai pendukung berjualan besoknya. Dan sekitar jam 12 malam, semua sudah siap, dan tinggal besok paginya kami harus angkat semua keperluan untuk berjualan.
Pagi-pagi sekali, kami semua sudah bangun karena sudah tidak sabar untuk memulai menggelar dagangan kami yang hanya sedikit ( maklum utk pertama tdk berani membawa banyak dulu). Kami pagi ini hanya membawa 5 kg gethuk saja untuk permulaan. Alat satu persatu dari mulai meja, etalase, tuperware, sendok, pisau dll semua kami bawa ke pasar. Jam 06.30 dagangan sudah selesai digelar dan disiapkan, dan tinggal kami menunggu pembeli yang akan memecah telor.
Satu menit, dua menit, sepuluh menit, tiga puluh menit berlalu sudah. Dagangan belum ada yang menghampirinya, apalagi membelinya sebagai penglaris. Saya yang belum banyak berkecimpung dalam jual menjual dipasar, rasanya grogi juga dilihatin dagangannya sama ibu-ibu, tapi tidak ada yang mampir. Setengah jam berlalu dan mereka hanya menengok, melihat, dan pergi lagi. " Ah,....laku nggak ya gethuk ini? Coba kalau tadi aku ke kantor utk menghindari jualan ini, pasti aku nggak akan nervous kayak gini," gumamku dalam hati.
Sambil ngobrol sana sini dg temanku, tiba-tiba ada bapak2 mampir dan menanyakan ini gethuk Magelang ya? Maka kami jawab serentak " Iya..!!!!". Saya berdoa semoga Bapak ini beli...semoga beli....semoga beli...terus saya berdoa dalam hati seperti itu. Mudah - mudahan telornya pecah oleh Bapak ini, semoga...semoga...terus saya memohon kepada Allah Yang Maha Memberi Rizky. Dan akhirnya....alhamdulillah Bapak ini mau mencoba beli 3 ribu perak. Dengan sigap temanku melayani secepatnya, dan sambil menunggu saya jelaskan bahwa kami baru buka hari ini dan Bapak adalah pembeli pertama.
Selang sekitar 30 menit waktu berlalu, ada ibu2 datang dan menanyakan apakah ini gethuk Ayu Magelang? Kami jawab ya. Dan dia bercerita bahwa tadi laki-laki yg pertama beli itu adalah suaminya. " Lho kok beli lagi Bu?" tanyaku jujur. dia bilang bahwa gethuknya enak dan tadi hanya beli 3 ribu dan kurang, makanya dia beli 3 ribu lagi. Kemudian datang lagi ibu2 muda menanyakan apakah gethuk ini sama dengan gethuk yang dijual di depan pasar ? Kami jelaskan bahwa gethuknya sama dan dibuat dari bahan yang sama, tapi kami persilahkan ibu itu untuk mencoba membedakan rasanya. Kami juga jelaskan bahwa kami tidak memakai pewarna yang berbahaya untuk tubuh manusia, dan kami jamin bahwa bahan2 yang kami gunakan adalah bahan yang aman dan halal. Dan akhirnya ibu itu beli juga. Setelah itu mulai datang satu, satu orang untuk membelinya.
Jam 08.30 saya putuskan untuk cabut ke kantor dan meninggalkan temanku berjualan sendiri. Sampai kantor, seperti biasanya saya disibukkan dg rutinitas sehari-hari yang membosankan. Dan sekitar jam 10.30 saya baru ingat bahwa temanku tadi berjualan sendiri dan bagaimana ya hasilnya? Kemudian saya telpon dia untuk menanyakan kabar bagaimana hasil berjualannya. Dari seberang sana sayup-sayup saya dengar bahwa dia baru siap-siap akan pulang. " Lho kok pulang? " tanyaku. Alhamdulillah dagangannya sudah habis. Deg..!!! Ya Allah, alhamdulillahirabbilalamin ya Allah, seperti tidak percaya saya mendengarnya. Dan ternyata memang sudah habis kata teman saya ini berulang-ulang. Ya Allah alangkah pemurahnya Engkau, dan alangkah besarnya Rahmat dan Rizky yang Engkau berikan hari ini. Semoga Engkau memberikan kekuatan dan perlindungan kepada kami dalam mencari rizkiMu yang halal ini. Amin ya Rabbi, Amin.
Sungguh diluar dugaan kami semua bahwa berjualan gethuk ini hanya akan memakan waktu kurang dari 4 jam untuk menghabiskan 5 kg gethuk dan menghasilkan laba bersih lebih dari 50 ribu rupiah. Sungguh diluar dugaan kami, bahwa orang-orang yang membeli hampir semua mengatakan enak sekali gethuk yang kami buat. Dan alangkah lebarnya senyum istriku dan temanku nanti menyambut saya pulang dari kantor sore nanti. Dan dari gethuk ini, yang merupakan salah satu usaha saya, kami semua beserta team gethuk " AYU " Magelang semakin yakin untuk mendapatkan rizki yang terus mengalir yang halalan toyyiban dari Allah SWT.
Dan dari makanan gethuk ini pula, kami menerima pesanan untuk acara-acara pesta, arisan atau kumpul-kumpul dan acara apa saja. Hubungi saja kami di 081380763527, atau 081316493002 atau di 021.88988832.