Thursday, April 12, 2007

KEPUTUSAN

Dalam hidup ini, banyak pilihan yang ada di depan mata kita. Kesenangan, kesedihan, kemerdekaan, keterbatasan, kebebasan, keterikatan dsb. demikian juga dalam hidup ini banyak cerita dan banyak kejadian-kejadian yang kita alami baik sendiri langsung atau tidak langsung. Banyak cerita yang bisa dijadikan guru dan cermin untuk langkah selanjutnya.

Pilihan adalah sebuah pilihan juga. Memilih pilihan adalah sebuah langkah yang butuh keberanian dan kadang sering kali butuh pengorbanan. Banyak sekali pilihan yang harus kita ambil didepan sana. Salah satunya adalah pilihan dalam hidup, dimana kita memilih utk lebih merdeka, lebih bebas dan lebih berguna bagi orang lain. Bagaimana langkah yang akan kita ambil bila kita memilih hal tersebut? Itulah yang jadi pikiran saya selama ini.

Konteks pemahaman bebas, merdeka dan berguna bagi orang lain adalah sebuah konteks yang membuat saya semakin berpikir dan melangkah untuk mencapai hal itu. Merdeka dalam artian saya mau apa saja ya semau saya, dan tidak mau diatur orang lain, apalagi dengan aturan yang memaksa setiap hari. Bebas artinya saya bisa bebas mengartikan dam menentukan jumlah penghasilan yang saya hasilkan dalam hidup saya (tentu saja dengan jalan bersih dan halal). Berguna bagi orang lain artinya kita bisa membantu orang lain yang membutuhkan lebih dari sebelumnya dan bahkan kita bisa menjadi tumpuan hidup mereka beserta keluarga mereka, karena salah satu kebahagiaan yang paling mendasar adalah kebahagiaan ketika bisa membahagiakan orang lain.

Jadi apapun pilihan kita, tentunya baik dan tidak ada yang bisa menyalahkannya. Makanya tentukan secepatnya pilihan dalam hidup anda, dan perjuangkan !!!

No comments: